THE CELEBRATION aka FESTEN ( 1998 ; Thomas Vinterberg )

Director : Thomas Vinterberg
Writer : Thomas Vinterberg , Mogens Rukov
Cast : Ulrich Thomsen , Thomas Bo Larsen , Henning Moritzen , Paprika Steen
Runtime : 105 Min
Rating : R for some nude & explicit language

Ketika kita ditanya oleh seseorang “Film apa sih yang pernah berkesan buat kamu ? Emangnya kenapa ? ” sepertinya THE CELEBRATION ( atau yang berjudul asli FESTEN ) ini bisa jadi jawaban saya.

Karena selain sudah terakui perannya dalam world cinema’s movement , Film ini juga memiliki tata teknis  yang langka dan susah untuk dicari perbandingannya.

FESTEN dimulai ketika tokoh Christian ( Ulrich Thomsen ) hendak berjalan menuju acara keluarga yang diadakan oleh ayahnya. Di perjalanan , ia berpapasan  dengan kakaknya Michael ( Thomas Bo Larsen ) yang memiliki watak yang impulsif . Sesampainya di acara tersebut , sebuah rahasia yang belum diketahui mulai dikuak satu per satu dan menimbulkan banyak konflik intern di keluarga Helge’s tersebut.

FESTEN secara kasat mata bagi sebagian orang mungkin hanyalah film drama dengan konflik internal biasa. Namun dilihat dari perannya terhadap World’s Cinema , FESTEN nyatanya memang memiliki keunggulan dan kekhasannya tersendiri.

Film ini memiliki gaya pengambilan gambar subjective yang seringkali memusingkan bagi kebanyakan penonton. Style yang disebut ‘Dogma’ . Pemilihan style yang seperti ini pun saya rasa dikarenakan ada banyak alasan di belakangnya. Sang sutradara ; Thomas Vinterberg melakukan ini demi kedekatan emosional penonton dengan para karakter yang masing – masing dari mereka memiliki konfliknya tersendiri ini. Perpindahan fokus karakter yang dinamis dan natural juga menjadi keunggulan FESTEN dalam bertutur. Semua konflik yang ada berkesimpulan pada suatu klimaks yang menjadi konklusi paling bijak untuk semuanya.

Kenapa FESTEN ?Karena menurut saya pribadi film ini masih memiliki banyak nilai-nilai kejujuran didalamnya. Meskipun , kejujuran yang ada di film ini pada awalnya ditutup -tutupi tetapi nilai – nilai yang ada seharusnya sampai sekarang terus ‘dilestarikan’ dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata dimana konflik yang ada di film ini seringkali kita temukan di lingkungan yang sama. FESTEN juga banyak ‘berbicara’ dengan bahasa paling lugas yang dapat kita temui yaitu Emosi. Dan Sinematografi yang khas berhasil menyampaikan aspek tersebut dengan sempurna sekali. So, you might give it try once in your lifetime too, Guys.. 🙂

Rate : 9 / 10

Trailer:

2 pemikiran pada “THE CELEBRATION aka FESTEN ( 1998 ; Thomas Vinterberg )”

Tinggalkan komentar